Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Benarkan Penutupan Pasar Bintoro

Terkini.id, Demak– Seorang warga Kabupaten Demak, Rahayu, kebingungan ketika tiba di Pasar Bintoro, Minggu 20 Juni 2021 pagi. Rahayu mendapati pasar terbesar di kotanya dalam kondisi tutup.

Alih-alih transaksi jual beli, pasar yang terletak di sisi selatan jalan raya Demak-Kudus tersebut juga dalam keadaan sepi.

Seluruh los dan kios tutup. Bahkan, pintu utama juga tertutup rapat. 

Baca Juga: Water Cannon Dikerahkan di Sekitar Masjid Agung Demak

Dalam kondisi normal, sejak matahari terbit hingga tengah hari, Pasar Bintoro selalu ramai oleh aktivitas jual beli. Apalagi di akhir pekan. 

Selama ini, kondisi sepi di Pasar Bintoro hanya terjadi ketika warga Kota Wali melaksanakan Salat Ied.

Situasi sepi Pasar Bintoro pada Minggu pagi, membingungkan warga yang ingin berbelanja. Salah satunya Rahayu, yang datang ingin belanja, namun mendapati pasar yang tutup.

Rahayu rutin ke Pasar Bintoro untuk kulakan barang dagangan yang dia jual kembali di rumahnya. “Saya agak bingung, karena pintu pasar tutup dan tidak ada yang jualan,” kata Rahayu, Minggu 20 Juni 2021.

Sejumlah pengunjung juga digelayuti kebingungan seperti yang dirasakan Rahayu. Mereka akhirnya mafhum ketika diberi penjelasan oleh petugas pasar.

Menurut petugas, Pasar Bintoro ditutup untuk disterilisasi alias disemprot disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Demak ternyata telah memutuskan menutup seluruh pasar, satu hari dalam sepekan. Penutupan tersebut dilakukan setiap hari Minggu.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak, Iskandar Zulkarnaen menjelaskan, seluruh pasar di Kabupaten Demak ditutup setiap hari Minggu. Pada hari itu petugas akan mensterilkan pasar dengan menyemprotkan disinfektan.

“Dalam seminggu, seluruh pasar ditutup satu hari di setiap hari Minggu dan akan dilakukan penyemprotan untuk mensterilkan pasar,” kata Iskandar dikutip dari jatengprov.go.id. “Sudah kami sosialisasikan kepada publik dan komunitas pasar,” imbuhnya.

“Kebijakan ini berlangsung hingga akhir Juni sambil melihat perkembangan selanjutnya,” kata Iskandar.

Kebijakan penutupan pasar merupakan implementasi dari Surat Edaran Bupati Demak Nomor 440.1/23 Tahun 2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro. (erh)

Bagikan