Gubernur Beri Ganjaran kepada Pengunjung Pasar yang Pakai Masker

Terkini.id, Jepara-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau langsung penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara, Selasa 15 Juni 2021.

Pemantauan diawali dari Desa Banyuputih, Kecamatan Kalinyamatan. Gubernur mengecek program Jogo Tonggo yang merupakan program pencegahan penularan Covid-19 berbasis lingkungan terkecil.

Agenda Ganjar berikutnya adalah memantau tempat isolasi terpusat di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Pecangaan dan di RSUD Kartini Jepara.

Baca Juga: Ganjar Ajak ASN Banyak-banyak Jajan

Di tengah perjalanan, kendaraan yang membawa Ganjar mendadak menepi di depan Pasar Pecangaan. Rupanya Ganjar minta berhenti.

Ganjar lalu turun untuk melihat dari dekat kondisi pasar. Di depan pasar, Ganjar menemukan warga yang tidak memakai masker.

Baca Juga: Tamu Akad Nikah dari Luar Kota Wajib Bawa Hasil Tes...

“Ayo maskernya dipakai, Pak. Itu anaknya masih kecil kasihan lho, dikasih masker, Mas,” seru Ganjar

“Jangan sepelekan ya, ini Jepara masuk zona merah, jadi jangan pernah lepas masker,” teriaknya.

Saat memeriksa kondisi pasar, Ganjar mendekati seorang wanita pengunjung pasar. Wanita yang sedang membeli buah-buahan itu mengenakan masker secara benar dan menjaga jarak dari orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: Anggota Koramil Turun ke Jalan dan Imbau Warga Displin Pakai...

“Nah seperti ibu ini. Bagus Bu, nganggo masker,” kata Ganjar menunjuk contoh nyata.

“Lagi belanja buah napa, Bu?” sapa Ganjar.

Wanita bernama Sumiyati itu mengaku sedang membeli apel, pir, dan beberapa buah lainnya. Ganjar pun menanyakan ke penjual, berapa harga semua buah yang dibeli Sumiyati.

“Karena njenengan wis nganggo masker, blanjane tak bayari (karena ibu sudah pakai masker belanjaannya saya yang membayar),” ujar Ganjar dikutip dari jatengprov go id.

Gubernur lalu meminta Sumiyati mengingatkan orang-orang terdekatnya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Titip pesan ya bu, tanggane diomongi tertib nganggo masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ujar Ganjar.

Sumiyati merasa senang karena mendapat rejeki dari Ganjar. Dia juga tak menyangka bisa bertemu secara langsung dengan Ganjar.

“Seneng banget, nggak nyangka saya didatangi Pak Ganjar,” kata Sumiyati.

Sumiyati juga mengucap terima kasih karena telah ditraktir. “Matur nuwun Pak Ganjar,” ucap wanita berusia 47 tahun itu.

Sumiyati mengaku, selama ini dirinya tertib memakai masker saat keluar rumah. Hal ini penting untuk melindungi diri dari penyakit, termasuk Covid-19.

“Alhamdulillah tertib, tiap hari pakai. Ini kan untuk menjaga kesehatan, juga bisa melindungi dari debu. Sekarang kan banyak penyakit, jadi harus jaga diri,” kata warga Damarjati, Pecangaan itu. (erh)

Bagikan