Anggota Kelompok Tani Optimis Kendaraan Roda Tiga Akan Memajukan Usahanya

Terkini.id, Ungaran– Sebanyak 19 kendaraan roda tiga dibagikan oleh Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang. Belasan kendaraan bak terbuka itu dibagikan kepada kelompok-kelompok tani di 13 kecamatan.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menegaskan, pemerintah akan terus berupaya membantu petani untuk meningkatkan hasil dan mutu produk pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan peralatan penunjang usaha tanam maupun saat panen.

“Bantuan ini dapat memperlancar kegiatan angkut pupuk saat tanam maupun hasil panen,” ujar Ngesti Nugraha pada penyerahan bantuan kendaraan roda tiga di aula Kantor Dispertanikap di Ungaran, Senin 14 Juni 2021.

Baca Juga: Petani Porang Raih Ratusan Juta Rupiah dari Satu Kali Panen

Ngesti Nugraha menambahkan, pemerintah melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan mutu pertanian. Menurutnya, bantuan yang saat ini diberikan kepada kelompok tani menjadi bukti kesungguhan Pemkab Semarang membangun sektor pertanian.

Ngesti Nugraha juga menjelaskan, Pemkab Semarang sedang menjalin kerja sama dengan eksportir untuk menjual  porang ke luar negeri. Diketahui, bahan baku mi shirataki itu diminati pembeli manca negara dan harganya cukup menguntungkan.

“Kita akan ajak petani memanfaatkan lahan kosong untuk menanam porang,” kata Ngesti Nugraha dikutip dari jatengprov.go.id.

Kepala Dispertanikap Kabupaten Semarang Wigati Sunu menjelaskan, bantuan alat mesin pertanian diberikan setiap tahun. Kali ini, bantuan berupa 19 kendaraan roda tiga untuk kelompok-kelompok tani di 13 kecamatan.

Penerima bantuan, Trimo, mengaku senang menerima bantuan tersebut. Anggota Kelompok Tani Karya Tani V Karangduren itu merasa yakin usaha pertaniannya akan lebih maju setelah menggunakan kendaraan roda tiga.

“Sebelumnya, pengangkutan pupuk dan hasil panen menggunakan alat tradisional beroda satu,” katanya. (erh)

Bagikan