Cegah Peredaran Narkoba Jenis Baru, Masyarakat Diajak Berani Melawan

Terkini.id, Temanggung – Informasi masuknya narkoba jenis baru ke Jawa Tengah, mendapat perhatian serius Badan Narkotika Nasional Kabupaten Temanggung. Masyarakat Temanggung juga diajak untuk berani melawan semua jenis peredaran narkoba.
 
Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung AKBP Agung Prabowo, meminta semua pihak waspada terhadap peredaran narkotika jenis apa pun. Menurutnya, tindakan sejak dini dappat menghentikan peredaran narkotika dan obat terlarang.

Hal ini dikatakan Agung Prabowo pada penyuluhan dini Bahaya Narkoba di Parakan, Selasa 8 Juni 2021.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Temanggung, Gotri Wijiyanto, mengapresiasi kegiatan penyuluhan tersebut sebagai langkah pencegahan peredaran narkotika. “Mari kita bersama-sama menjaga satu dengan yang lainnya, jangan sampai generasi muda bangsa Indonesia rusak begitu saja karena narkotika,” ujar Gotri dikutip dari jatengprov.go.id.

Gotri Wijiyanto berbagai imbauan dan ajakan untuk memerangi narkotika terus dilakukan Pemkab Temanggung. “Ke depan diharapkan dapat diadakan kembali kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran narkotika,” katanya

Kasat Narkoba Polres Temanggung AKP Bambang Sulistyo memaparkan, pada 2018 terdapat 19 kasus narkoba dan ada 21 orang tersangka. Pada 2019 ada 21 kasus dengan 23 orang tersangka. Di tahun berikutnya, grafiknya melonjak hingga 27 kasus dan 28 tersangka.

“Harapan saya, agar peredaran narkoba dapat dibasmi, mulai kesadaran dari diri kita masing-masing. Temanggung dengan jumlah penduduk yang tidak banyak diharapkan masyarakat dapat menjaga kepercayaan dari kami semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengajak kerja sama seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Temanggung untuk menciptakan generasi yang kreatif dan berkualitas. Sehingga diperlukan sikap dari diri sendiri untuk memerangi narkotika.

Kepala BNNK Temanggung AKBP Agung Prabowo juga menjelaskan, pihaknya mendapat informasi tentang narkoba jenis baru yang telah masuk Jawa Tengah. “Terdapat persebaran baru yang masuk ke Jawa Tengah dan dikhawatirkan akan masuk ke Kabupaten Temanggung,” katanya. 

“Jenis narkoba itu ialah tembakau gorila. Gorila hampir mirip dengan tembakau rokok pada umumnya, namun kandungan di dalam tembakau gorila ini jauh lebih berbahaya,” kata Agung Prabowo. (erh)

Bagikan