IDC3 Tegaskan Semua Pesepeda Adalah Saudara

Terkini.id, Kudus- Sebagai mahluk sosial, manusia tak bisa sendirian hidup di dunia. Mereka senantiasa mencari kawan sejalan, kemudian disatukan dalam kelompok.

Maka jika pecinta sepeda membentuk komunitas harus dilihat sebagai hal lumrah. Bukan ajang hura-hura, tapi forum silaturahmi, diskusi, dan sarana berbagi pengalaman dan cerita.

Dari sekian banyak komunitas, satu di antaranya adalah IDC3 alias Indonesia CHPT3 Cycling Club. IDC3 adalah perkumpulan para empunya Brompton CHPT3, varian Brompton yang sangat eksklusif.

Baca Juga: Setelah Berpeluh, Cut Keke dan Rombongan Tiba di Kandang Godzilla

Eksklusif karena dari sisi harga, CHPT3 berharga mahal di antara ‘saudara-saudaranya’. Memang ada Brompton limited edition, tapi CHPT3 adalah tipe yang paling laku dan dicari orang. 

Dibuat berdasarkan request mantan pembalap sepeda profesional, David Millar, sepeda CHPT3 tak hanya enteng tapi juga oke tatkala diajak speed.

Baca Juga: Kudeta di Sirkuit Sentul: Jika Seragam Memanggil, Semua Wajib Ikut

Menurut Founder IDC3, Ramdanus–populer dipanggil Danus–komunitas ini baru berdiri pertengahan tahun lalu. Meski tergolong balita, komunitas sudah banyak menghelat kegiatan untuk anggotanya dan sukses.

Antara lain kumpul bareng di Bali untuk mendukung pemulihan pariwisata dalam event Bali Kembali yang diikuti sekitar 130 peserta dari berbagai kota sehingga berlangsung semarak. 

Saat Albert, goweser yang memakai Birdy, seorang diri melakukan perjalanan dari Bali ke Jakarta, komunitas ini juga menyambutnya dan membuat acara khusus di BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Di waktu lain, IDC3 juga menghelat acara di Bandung dan Batam. Semuanya diikuti puluhan pesepeda sultan ini. 

Dalam rangka ulang tahun pertama, akhir Juni mendatang, komunitas IDC3 akan merayakannya di Yogyakarta sekaligus mengeksplorasi obyek wisata wilayah tersebut.

IDC3 menyerahkan bingkisan ke warga

Ada filosofi bagus yang dijadikan pegangan semua anggota IDC3. “Sepeda hanyalah sarana, sementara goweser adalah saudara,” kata Danus, akhir Mei lalu. 

Jadi, jangan kaget jika suatu saat melihat IDC3 kolaborasi dengan komunitas selain Brompton.

“Ada saatnya gowes bareng members, ada pula dengan semua pesepeda,” kata Danus yang di rumahnya mengoleksi lebih dari 40 CHPT dan mengoleksi Alex Moulton. 

 

Oleh: Eko Guruh, penggemar sepeda

Bagikan